Rabu, 12 Oktober 2011

PENGKABELAN


Pada praktikum pertama jaringan komputer kita mempelajari bagaimana cara melakukan pengkabelan menggunakan RJ-45 8 pin. Dalam percobaan kali ini Mahasiswa diharapkan memahami dan mengerti bagaimana cara melakukan suatu pengkabelan dengan metode Straight-through Cable dan Crossover Cable.

Straight-through Cable biasanya digunakan pada 2 jenis hardware yang sama, seperti pada PC dengan hub, workgroup switch dengan router. Sedangkan Crossover Cable digunakan pada 2 jenis hardware yang berbeda, seperti PC dengan PC, hub dengan hub, router dengan router, PC dengan router. Cara memasang 2 metode pengabelan ini tidak jauh berbeda, hanya berbeda dalam mengurutkan warna kabel yang dipasang ke RJ-45 plug.

Untuk melakukan suatu pengkabelan diperlukan suatu bahan dan peralatan yang mendukung.


Prosedur Pengkabelan
-          Siapkan alat dan bahan
-          Kupas jaket kabel UTP dengan tang pengupas
-          Luruskan kabel agar kabel mudah untuk dimasukkan kedalam konektor RJ-45
-          Ukur kabel inti dengan konektor RJ-45, sesuaikan panjang kabel yang akan dimasukkan kedalam RJ-45 agar jaket kabel UTP berada didalam konektor RJ-45
-          Potong kabel yang telah diukur dengan pangkal tang pengupas
-          Urutkan kabel sesuai dengan penomeran warna
-          Masukkan kabel kedalam konektor RJ-45, usahakan posisi urutan kabel benar dan ujung dari kabel menyentuh ujung lubang konektor RJ-45
-          Cramping konektor RJ-45 dengan Cramping Tools, tekan hingga bunyi klik
-          Apabila kedua ujung kabel sudah terpasang konektor RJ-45 lakukan pengecekan dengan LAN Tester untuk mengetahui apakah semua kabel terhubung dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar